Ngopi dan Ngelinting

Ngopi dan ngelinting acara yang digagas dari para pengiat perkopian dan pertembakauan.  Pengiat kopi dan tembakau yang tergabung dalam masyarakat perlindungan indikasi geografis, dengan bahasa yang populer IG. Judul kegiatan yang diambil panitia “Ngopi dan Ngelinting 3 IG”.
Tak lain 3 IG tersebut diambil dari IG Kopi Arabika Java Sindoro Sumbing, IG Srinthil Tembakau Temanggung dan IG Kopi Robusta Temanggung. Acara berlangsung dua hari mulai tanggal 13 – 14 Oktober 2018. Kegiatan meliputi workshop perkopian, Lombo seduh, dan lainnya.
Workshop perkopian yang dipaparkan dari hulu oleh Dinas partanian dan ketahanan pangan, dan dari hulu oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi, dan Bupati selaku penentu kebijakan serta dari Komisi B DPRD Kabupaten Temanggung.
Paparan dari empat narasumber membangkitkan semangat perkopian dan pertembakaun bahkan tantangan untuk membuat produk yang bisa dinikmati untuk masyarakat umum. Permintaan dari audien agar Temanggung mempunyai tempat untuk produk lokal.
Hari kedua kegiatan dimulai dengan seduh kopi baik yang dilombakan maupun yang gratis. Lomba seduh kopi dipandu oleh teman-teman dari internal anggota MPIG baik arabika dan robusta. Untuk ngelinting tembakau pada stand tembakau dipandu dari teman-teman IG Srinthil.
Workshop hari kedua dihadiri oleh Ketua DPRD Jawa Tengah. Pertanya terkait dengan kopi dan tembakau baik sampai pada tataran aturan yang berpihak kepada pe membranding tani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *